Cara Menyelamatkan Data Saat Windows Rusak

hiren's boot cd 12
Kebiasaan menyimpan data di My Documents, atau di Drive di mana Windows terpasang biasanya sering berakibat fatal. Bila suatu saat OS tidak dapat berjalan, tentu hal itu akan merugikan. Apalagi data-data yang disimpan merupakan data yang penting. Keinginan yang muncul saat itu adalah menyelamatkan data terlebih dahulu, baru kemudian meng-install ulang OS. Namun, bagaimana solusinya menyelamatkan data? Sementara tidak dapat masuk ke sistem operasi. Ilmu komputer akan sedikit berbagai pengalaman mengenai hal tersebut.

Solusinya adalah dengan memanfaatkan Hiren's Boot CD. Hiren's Boot CD merupakan aplikasi Boot CD gratis yang berisi banyak peralatan yang mungkin diperlukan. Bila ditanya berapa jumlahnya, jawabannya adalah ratusan. Selain gratis, kabar baik lainnya adalah Hiren's Boot CD hanya berukuran 360 MB saja. Adapun tools yang disediakannya dapat dikelompokan menjadi:
  1. Antivirus Tools
  2. Archivers
  3. Backup Tools
  4. BIOS / CMOS Tools
  5. Browsers / File Managers
  6. Cleaners
  7. Editors / Viewers
  8. FileSystems Tools
  9. Hard Disk Tools
  10. MBR (Master Boot Record) Tools
  11. Ms DOS Tools
  12. Network Tools
  13. Optimizer Tools
  14. Other Tools
Untuk lebih jelas mengenai Tools apa saja yang termasuk dalam katagori di atas, silahkan cek di website resminya.  Setelah membaca dengan seksama dan dirasa Anda telah tertarik mencobanya, kesemuanya dapat di download di sini. Usai mengunduh Hiren's Boot CD 12 yang disediakan secara gratis, ikuti langkah berikut:
  1. Extract hasil unduhan di atas
  2. Kemudian burning ke dalam CD, hasil extract-an tadi
  3. Bila telah di burning, masukan kembali CD yang telah berisi Hiren's Boot CD 12
  4. Coba restart PC Anda
  5. Pastikan sebelumnya posisi First Boot Device mengarah ke CD
  6. Jika berhasil, pilih Mini XP
Bila ke enam langkah di atas telah berhasil dilakukan, maka Anda bisa masuk ke Windows XP Mini. Tentunya tanpa harus meng-install terlebih dahulu. Jangan lupa pada tujuan utama, lakukan backup data-data penting. Bila ada pertanyaan, langsung saja ajukan di kolom komentar.
mini xp hiren's cd
Tampilan Mini XP dari Hiren's Boot CD
SHARE

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

2 comments:

  1. Boleh tau bagaimana Cara Membackup yg di maksud? Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. yang di maksud di atas adalah, jika pada saat windows kita tidak bisa booting dan kita ingin menginstall ulang windows, maka untuk menyelamatkan data yang terdapat pada My Document, kita bisa menggunakan Hiren Boot CD sebagai alternatif agar data di my Document tidak hilang.

    ReplyDelete