TIPS Perbaiki Windows Tanpa Install Ulang

Windows seven and xp
Bila mengalami kegagalan saat proses booting, biasanya kita segera mengambil kesimpulan harus install ulang. Blue screen misalnya. Ataupun, berhasil masuk ke Windows tetapi memiliki kejanggalan. Seperti taskbar yang tidak mau muncul, komputer langsung restart kembali, timbul pesan error, dsb. Sebenarnya semua itu hanya diakibatkan oleh beberapa file Windows telah rusak. Bahkan bisa jadi hanya satu file! Kenapa kita harus repot-repot install ulang? padahal file tadi masih mungkin dapat diperbaiki.


Kembali ilmu komputer berbagi pengalaman mengenai file yang telah cacat. Adapun indikator untuk mengetahui file Windows mana yang rusak, adalah sebagai berikut:
  1. Taskbar tidak mau muncul
    Hal ini biasanya disebabkan karena file explorer.exe atau winlogon.exe telah rusak
  2. Komputer langsung restart kembali begitu masuk lingkungan desktop
    Hal ini biasanya disebabkan karena file winlogon.exe telah rusak
  3. Muncul pesan error pada saat tampilan utama desktop
    Dapat dilihat keterangannya, file mana yang mengalami error atau rusak
  4. Blue screen
    Perhatikan pesan error dari blue screen. Hal ini akan sangat membantu. Karena secara otomatis akan memberitahukan file mana yang rusak. Namun, pastikan Anda memilih Disable Automatic Restart On System Failure sebagai proses booting. Ini bertujuan agar pesan blue screen dapat ditahan atau tidak lantas menghilang. Karena jika Anda tidak memilih opsi di atas, blue screen hanya sekejap menampilkan pesan error.
Bila telah dapat dipastikan file mana yang rusak. Ilmu komputer akan mengajak Anda untuk mengganti file tersebut. Caranya adalah dengan menyalin file pada komputer lain. Kita ambil contoh yang rusak adalah winlogon.exe. Copy file tersebut ke USB Flashdisk dari komputer teman Anda. Tentunya dengan jenis yang sama (Misal: Windows SP2). Untuk dapat menemukan file tersebut di komputer, Anda dapat menemukannya dengan fasilitas pencari yang dimiliki Windows. Namun, umumnya beberapa file yang sering rusak, lokasinya berada di C:\Windows\System32\. Setelah itu gunakan Hiren's boot CD untuk masuk ke XP Mini. Replace file yang rusak dengan file hasil salinan dari Windows yang masih bekerja dengan baik. Bila muncul keterangan replace, klik atau pilih YES.

Catatan:
Saat me-replace file, biasanya bila memang file tersebut rusak, maka akan terjadi perbedaan ukuran. Antara file yang akan diganti dan yang mengganti.
SHARE

About Unknown

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment